Friday, March 10, 2017

First International Trip : Perjalanan tanpa Persiapan (Part 1)

Catatan sebelum lanjut baca : Saya nulis ini hanya dengan bekal ingatan yang samar2. Kejadiannya udah setaun yang lalu, file2 yang harusnya bisa saya pake untuk mengingat udah kebuang semua. Jadi... maaf yah kalo banyak yang geje masalah detail waktu dll. Enjoy!

@@-------------------------@@

Cerita penuh kesenangan ini berawal dari asal nyablaknya saya dan keinginan saya untuk nebeng keberuntungan temen. :D

Bulan Maret 2016 kayaknya (saya gak terlalu inget detail waktunya, yang jelas trip ini awal April 2016 jadi perkiraannya sekitar sebulan sebelumnya, lah), salah satu temen saya di kampus lama, membagi kebahagiaannya tentang rejekinya menang undian dari salah satu produk kecantikan. Dengan berbekal struk belanja senilai IDR 23.500 saja dia bisa dapet trip senilai IDR 35.000.000 (4D3N, full course ke Vietnam). Gilaaaaa... saya ikut seneng donk. Kapan lagi ada temen bisa keluar negeri begini. Hahahahaha. Masalahnya emang saya gak punya kenalan kaum jetset (istilah ini masih dipake gak sih di 2017? xD) yang bisa tiap 3 hari sekali jalan2 ke luar Indonesia. Hahahahaa. Kapan lagi saya bisa dapet oleh2 gratisan dan nitip ini itu maksudnya... xD xD


Begitu si ibu cerita begini (inget banget kalo waktu itu ibunya cerita di ruang fakultas dan ada beberapa rekan kerja yang lain juga sih), beberapa dari mereka nanggepin semacam sinis iri gimaaaannaaaaa gituuuuuu.. Mereka bilangnya, "Ah, cuma ke Vietnam. Beda lagi kalo dapatnya umroh. Ati2 ditipu, lho. Gak percoyo aku ngono2." Saya dalem hati cuma bisa nyacat juga sih, ni orang gak pernah kemana2 aja lagaknya ada bener. Dengan suasana geje begini otomatis pembicaraan juga terhenti. Anyway.. waktu itu saya tetep ngucapin selamat lah yaaaa.. sambil berharap kecipratan oleh2nya. Hahahahhaaha *ada maunya #CeweSenengGratisan

Hari2 kelewat begitu aja karena kerjaan juga lagi numpuk2nya. Saya juga udah lupa sih tentang happynya si ibu.. hehehhehee. sampe akhirnya ketemu lagi sama ibu ini di ruang dosen (saya kebelet pipis, si ibu mau sholat dhuhur). Dia cerita lagi, kalo ternyata banyak temen2 tripnya yang mundur karena gak dapet ijin cuti dari kantor. Jadi... si ibu nyoba nanya ke salah satu temen tripnya itu apa bisa kalo seatnya dialihkan ke dia aja. Dibeli gitu ceritanyaaa.. dan sukses masukin suaminya di trip dengan beli seat seharga IDR 2 juta. Meeeeeeenn.. kebayang gak? Trip sekian puluh juta, cuma ditebus pake duit 2 jt doank. >.< Denger cerita beginiii, saya langsung nyeletuk dengan semangatnya lah. "Buu... kalo cuma 2jt aja saya juga mau donk kalo dicariin seat.." *ngomongnya sambil menggebu2 dikit biar beneran dicariin. Hehehehehe 

Singkat kata, si ibu jelas bilang "iya" (karena saya yang minta. Coba kalo ibu2 rese yang saya ceritain di awal tadi yang minta. Yo gak bakal dipeduliin.) Ini sih manfaatnya kita baik sama orang. Kita juga jadi jarang dijahatin.. *lah jadinya sombong *nyengir ajah
Berikutnya si ibu jadi rutin kirim wa ke saya ngabarin progres trip dia dan suami.... sampai akhirnya... jengjengggg!! si ibu ngasi kabar kalo ada yang mau nukar seatnya dengan duit IDR 1,8 juta. Meeen.. IDR 1,8 jutaaaaa. Saya otomatis nanya lah, ini beneran kah cuma 1.8 udah mau? Kalo iya, buruan ambil buat saya, Bu.. *sambil nyengir sumpah baca wa nya
Dan ternyata... jjanjjaann!! lagi. Si ibu nawar, rek (sumpah bawaan ibu2 yang sering ke pasar bener2 dipraktekin) dan seat itu buat saya. Cukup ngganti pake IDR 1,5 juta doank. Mampus. >.<

My First Flight *.*
(tenaaaangg ambil fotonya pas pesawat belum take off. Saya gak ngelanggar tulisan di seat depan itu)
07 April 2016 - Akhirnya dengan cuma berbekal passport (akhirnya kepake juga setelah setaun lebih bikin. yay!! \(**)/), koper kecil dan duit 1 juta (adanya cuma segitu.. bener2 gak punya tabungan banyak), saya berangkat naik Batik Air ke CGK (ini dibayarin. Travel dari kota saya ke Surabaya juga dibayarin. :D). Belagak gak nervous blas padahal ini adalah first flight saya. Masuk ke parkirannya Juanda aja gak pernah. Hhahahahaha. Overall, flight pertama saya gak menyakitkan. Setelah bener terbang, rasa excited saya langsung ilang. Hahahahhaa. Dalam hati saya ngomong, "ealaaahh.. ngene tok a?" Sambil menikmati snacks yang dikasi di pesawat (isinya roti sama air minum), gak kerasa ternyata udah mau landing aja. Gak sampe sejam, sih (sekitar 45 menit aja, kayaknya) berikutnya saya harus agak lari2 ngambil bagasi karena beneran gak tau apa2 masalah seluk beluk airport. Takut ketinggalan rombongan dan seterusnya, makanya heboh. ahahahhaaha (Ingat. yang berangkat ini 2 orang yang belum pernah naik pesawat. Gak tau juga sih kalo suami si ibu udah sering berpesawat atau nggak. Waktu itu pokoknya keburu2 deh.)

Bentuk kotak snacksnya begini
Setelah dibuka isinya kurang lebih begini. Minus kue spikunya. (Hasil nyaut foto punya orang ini. Maap.. :D)
Setelah urusan bagasi beres, masalah berikutnya muncul. Saya harus nyari terminal 2A, tempat kumpul keberangkatan. Walhasil daripada ilang karena sok tau, saya akhirnya nanya petugas bandara. Ternyata untuk sampe ke tempat tersebut, saya harus naik shuttle bus dulu. Hueehh.. oyong2 koper yang cuma segitu mah, nyantaiii.. Saya langsung nyegat deh di pinggir jalan situ (sumpah berasa nyegat angkot AL. xD) dan begitu ada yang dateng saya langsung naik. Koper tetep kebawa sampe masuk shuttle bus (karena liat orang2 juga langsung ngebawa kopernya masing2, sih). Saya baru tau di kemudian hari bahwa sesungguhnya ngebawa koper masuk shuttle bus itu sangat tidak dianjurkan. Kenapa? Karena menuh2in tempat dan ada bagasi juga kayak bus2 lain. Hihiihihihii

Bus ini kemudian meliuk2 nganterin penumpangnya sampe akhirnya saya dikasi tau sopirnya, "Terminal 2." Saya buru2 turun ngikutin penumpang lain juga.. hihihihii. Begitu nginjak tanah, saya tolah toleh baca papan2 petunjuk yang ada. Nyariin Gate A yang gak segera muncul di pelupuk mata. Jaaaallaaaann truuuusss. gak terlalu jauh sih, saya nemu gate B, jadi saya mikir gate A pasti di deket situ. Akhirnya saya jalan lagi dikiiit.. dan nyampe sudah di tempat tujuan. Saya langsung masuk dan nyari rombongan trip (nyolok banget ternyata karena dresscode hari itu adalah baju warna ijo terang :D). Karena masih nunggu flight yang kurang lebih masih 2,5 jam lagi, kami diarahkan untuk makan siang dulu (dapet lunch coupon HokBen) daaaaaannn di situ saya baru tau kalo gatenya itu sebenernya nyambung. Paham maksud saya gak? Jadiii.. kalo kita mau ke gate A, kita gak usah nelusurin satu2 nyariin pintu yang ada tulisannya gate A. Masuk dari gate C juga bisa.. jalan aja terus karena di dalem gak dipisahin tembok2.. hahahahahaha) *ngisin2i *yowisben

Ini waktu lunch di Hokben.
Udah lupa semua nama bapak2, ibu2, dan mba2 itu. Hahahahahha. Tendang saja saya. :D
Setelah makan siang sambil kenalan sama temen2 rombongan akhirnya tiba saatnya untuk berangkat ke negara tujuan, Vietnam. Dari sini, saya pasrah aja. Sudah ada guide, ketemu rombongan, udah gak takut ilang lagi. Hihihihihii. Oooh.. sempat keburu2 juga sih waktu selesai makan. Ngejar waktu sholat Dhuhur. Kebanyakan temen2 yang ikut trip adalah non muslim, jadi waktu itu yang bingung nyari musholla di bandara bisa dihitung jari (8 orang dari total peserta kayaknya).  :D :D Abis sholat ya udah.. nunggu keberangkatan aja sih, gak terlalu lama udah langsung masuk pesawat dan sekitar jam 01.00 pm (kembali pake ilmu kira2. udah banyak yg lupa) pesawat take off ke Saigon. Perjalanan ke kota itu ditempuh selama 3 jam dan begitu landing ngurus imigrasi dan angkut2 bagasi lagi (di Saigon transit aja ini), saya nyempetin untuk tukar uang di bandara. Uang saku saya yang cuma 80 USD tadi saya tukarin ke mata uang Vietnam (dong disingkat VND). Lupa dapetnya berapa VND kalo dari USD itu cuma yang saya ingat nilai mata uang Vietnam itu separuh dari rupiah. Jadi, kalo kita bawa sejuta ke sana kurang lebih kita bakalan dapet 2 juta VND. Langsung jadi orang kaya mendadak. xD xD (catt: siapin duit USD sebelum berangkat, ya. Di sana gak ada yang terima tukar IDR. Kalopun ada sulit nyarinya dan nilai tukarnya gak terlalu bagus. Sedih banget rasanya waktu itu begitu nyadar mata uang negara kita gak dianggep. 😢 )


Sempet aja ngambil foto beginian sambil jalan. Ini otw Saigon - Da Nang
Dari Saigon penerbangan dilanjutkan ke kota kecil bernama Da Nang. Di kota itulah hari pertama trip akan dimulai. Da Nang adalah kota pinggir pantai dan kota ketiga terbesar di Vietnam (kata guidenya begitu. hehehhee) dan... sudah saya gak ngerti yang lain2 :p (gini kok berani nulis tentang trip). Yang jelas bayangan saya waktu itu, kota ini bakalan mirip2 Surabaya gitu deh. Nyampe di sana udah malem jadi udah gak tertarik ngeliatin jalanan di sana. Pengennya langsung makan malem dan ke hotel. *pikirannya langsung lari ke makanan *muahahahahhaa
Resto yang saya kunjungi waktu itu gak terlalu ramai tapi menurut si mas guide (lupa namanya. :D) ini salah satu resto terbaik di kota Da Nang. Well, apapun itulah. Saya udah kelaparan banget, hokben siang tadi udah nguap jadi saya gak terlalu dengerin mas guide waktu dia cerita tentang sejarah restoran itu (andaikan bisa dibandingkan, resto ini kayaknya mirip dengan Toko "Oen" di Malang. Berdirinya udah lama banget dan jadi salah satu resto legenda juga).

Ini menu makan malam saya saat di Da Nang. Bismillah aja pas makannya. Insya Allah halal. :D
Kalo ngeliat makanan di foto atas bakal tertarik gak? Hehehehehe. Bisa diliat dari warnanya. Sumpah lebih enak makanan di Indonesia. Kebanyakan hambar. Sayur yang saya bayangin bakalan seger atau kalo nggak rasanya gurih2 kayak sop gitu.. ternyata juga zonk. Rasanya kayak sawi direbus trus disiram air panas. Dah gitu. Jadinya kulupan dengan air panas. 😂😂 Gak semua gak enak sih.. Tapi ya itu... kok banyak yang hambar... apa saya yang kebanyakan micin, ya? #nggrundeltapitetepmakan

Oooh.. ini ternyata nama restaurantnya. SAMDI.
(foto diambil setelah semua kenyang :D)
Setelah makan ini itu semua dilahap, perut penuh, saya lanjut ke hotel. Pas masuk bus, saya pilih duduk depan lagi doooonnkk.. Sekalian pengen liat suasana Da Nang kalo malam hari gimana (tadi udah gak sempat tolah toleh karena kelaparan, kan). Dan di saat itulah, guide dari travel Vietnamnya masuk. Kami dibarengi 3 guide orang lokal, namanyaaa... saya lupa... Heheheheehe *pancet ae* Saya ingat cuma 1 orang, namanya Thien (bener gak nulisnya begini?). Dia sempat tinggal beberapa lama di Malang (lhuk? tiba'e sempat dadi kera ngalam pisan), belajar Bahasa Indonesia, dan teman2nya pun akhirnya ngasih dia nama Indonesia, Rudi.

Ini dia yang namanya Thien. Kenapa cuma dia yang bisa saya ingat namanya?
Semua pasti tau kenapa. :D :D (foto saya ambil saat perjalanan ke Hoi An)

Foto diambil dari kamar hotel.
Di Da Nang sebenernya ada jembatan terkenal, namanya Dragon Bridge. Di foto ini gak terlalu keliatan, sih..
Coba liat pojok kiri atas, deh. Itu Dragon Bridgenya. :D

Trip selama 3 hari berikutnya, semua akan bareng si Thien dan 2 temannya ini. Mereka semua bisa Bahasa Indonesia dengan baik tapi yang pengucapannya tepat dan mirip dengan kita hanya Thien. Yang lain masih kebawa logat negaranya tapi saya tetep berterima kasih sih karena mereka mau belajar bahasa negara saya. :D Di Saigon, saya cuma stay semalem aja, karena acaranya besok pagi cuma ke pantai (ada beauty class gitu. Hahahahhaha. Saya ikutan beauty class??) abis itu lanjut ke kota kuno Hoi An.

Done. (antiklimaks banget)

Part 1 nya sampe sini aja dulu. Hahahhahaa. Postingan berikutnya tentang.... tempat2 wisata yang saya kunjungi, sih. Sambil nyusun part 2, saya coba googling dulu tentang tempat2 tersebut yah. Biar ada sedikit info2 yang masuk. Hihihihihi. Biar postingan saya keliatan ada isinya. *nyengir

Adios.


No comments:

Post a Comment

selamat menyematkan opini... :)